Trip to Stone Garden, Gua Pawon & Curug Cimahi (Part 1)

Helllo guys, kali ini gw mau menceritakan perjalanan mimin, one day trip to Stone Garden, Gua Pawon & Curug Cimahi. Trip ini diselenggarakan oleh Kemon Jalan Adventure besutan aa Erwan.

Itinaerarynya sebagi berikut:
06.00 - 07.00 : Meeting Point depan UKI
07.00 - 10.00 : Perjalanan menuju Gua Pawon (Bandung Barat)
10.00 - 10.30 : Sampai Goa Pawon, sarapan dan persiapan eksplor Goa Pawon
10.30 - 11.30 : Eksplor dan menikmati keindahan Gua Pawon
11.30 - 14.00 : Eksplor dan menikmati keindahan Stone Garden
14.00 - 14.30 : Perjalanan menuju Curug Cimahi 
14.30 - 16.30 : Bermain di Curug Cimahi
16.30 - 17.30 : Membersihkan diri
17.30 - 18.30 : Istirahat dan makan malam
18.30 - 21.30 : Perjalanan kembali ke Jakarta

Ya itin tetaplah itin hahahaha.


Trip ini udah direncanakan sebelum lebaran 2015. Jadi yang belum pada berhasil move on dari libur lebaran kaya mimin ini, jalan jalan setelahnya lumayan berhasil nge-distract.
okay, tanggal 26 Juli 2015, mimin dan seorang supir beserta 19 peserta trip dari berbagai penjuru jabotabek, udah pada kumpul di meeting point UKI mulai dari jam 6. Peserta mulai berdatangan hingga jam 7. mobil juga dah stand by. hari ini kami kendaraannya adalah mobil elf ac berkapasitas 20 orang. dan yang menyenangkan adalah elfnya punya beberapa  colokan buat ngecas... yeyyy.... bisa tambah daya batere hp dech kali kali aja habis buat selfie.
Pesertanya cowonya cuma tujuh pemirsa. dan salah satunya ngajak pacarnya, jadilah gw minta mereka duduk di samping supir aja biar kemesraan mereka tidak terganggu. uhuk. sekaligus kalo bapak supirnya ugal-ugalan, gue tinggal bilang, "Pak sopir tolong pelan-pelan aja, yang depan itu belum pada meritt..." maka mobilpun melaju menjadi lebih pelanan. hehehehe....

Tujuan pertama kami adalah Gua Pawon (kalo di lokasi tertulis Guwa Pawon) dan  lokasi Gua Pawon berdekatan dengan Stone Garden. So, kami mengarah ke Bandung. canda tawa mewarnai setengah jam pertama perjalanan kami. ciieeee.... perserta mungkin pada kenal-kenalan di dalam mobil terus diwawancarai satu-satu, masih kuliah ga, kerja di mana atau masih jomblo atau dah double? ohh dah double ya? ya udah dech g jadi ngobrol. krik krik krik...
atau mugkin juga peserta membayangkan keseruan destinasi kami, berusaha mengingat-ingat gambar yang mereka lihat di google, terus nanti dibandingin dengan aselinya. gue juga kok. :D

perjalanan kami lancar karena kami berangkat di hari minggu yang indah. mungkin kalo berangkat di hari sabtu, pasti berbarengan ma orang jakarta yang merangsek ke Bandung, dan pasti setelah Bekasi pun macet. tapi bersyukurnya, perjalanan mulus. semat diwarnaidengan berhenti sejenak di rest area buat cari atm tapi atm yang di cari malah out of order. sueeee'

Setelah sekitar 3 jam perjalanan, kami keluar Tol Padalarang kemudian kami mengarah ke Cianjur. kami melanjutkan perjalanan sekitar 20menitan  atau tergantung situasi sambil memasang mata ke arah kanan. setelah memasuki wilayah dimana banyak toko bangunan dan di kanan-kirinya banyak bukit-bukit kapur, nah berarti kami dah dekat. untuk masuk ke gua pawon terdapat sebuah gapura selamat datang ke gua pawon yang besar dan hitam. kalo g pe-de, jangan malu-malu tanya warga ya.
dari gapura mobil masuk jalanan kasar berbatu. sekitar 200 m ada percabangan jalan dan terdapat pula tanda ke arah gua pawon. ambil kanan, setelah itu akan terlihat pos registrasi. parkir dech. HTMnya 5500 per orang dan karcis parkir 5000 juga.

kami sarapan dulu dech. g banyak yang jualan makanan di sini. apalagi kalo kita pemilih. bakal laper bangeeetttt. tapi untungnya ada yang jualan baso, lotek dan karedok. serta ada warung yang jualan lontong dan bakwan seribu rupiahan. baso, semuanya enak. lumayan buat ngisi tenaga. Di sini juga ada toilet dan mushola juga lho. harga jual air mineral juga standar contoh a*ua 660ml cuma 3rb.


sambil sarapan kita juga bisa melihat monyet-monyet centil di sekitar.

selesai sarapan langsung cus masuk ke goa. di awali dengan tangga dengan pegangan alumunium. kami masih g punya ide kaya apa di dalam. pas masuk mulut gua, aromanya seperti bau kencing, tapi itus sepertinya bau kotoran kelelawar. tapi setelah di dalam, bau tersebut dah g ada lagi kok.

Gua Pawon 




Gua Pawon



Add caption

Pose andalan Mimin.


Mila Filan sent you double peace signs 



Mimin ma temen2

Ini loh pasangan oh the day. 





Susah ya klo bawa model ke sini, bawaannya pose... :p

Selama eksplore goa, ada guide yang kasih penjelasan. dan di dalam gua juga terdapat fosil manusia purbakala yang disimpan di sebuah ruangan di goa tersebut. ruangan di pagarin biar ga diusilin ma tangan tangan jahil manusia dan monyet (iya kan ada monyet di sana ).


Di situs megalitikum ini, batunya runcing-runcing serta tanahnya berdebu. so teman-teman kalo ada yang mau kemari, gunakan alas kaki yang dapat melindungi kaki dengan baik.

Di sebut goa Pawon karena tempat ini pernah dianggap dijadikan tempat tinggal orang purba. di dalam goa ini terdapat ruang tamu dan beberapa jendela. yang di maksud ruang tamu adalah ruangan luas di mana orang orang dapat berkumpul dan jendela merupakan celah udara yang menghadap keluar.


ah whatever. mimin g bisa cerita banyak karena waktu dijelasin mimin sibuk keliling. maklum ngejar waktu.


Nih mimin bagi beberapa foto kebersamaan dengan rombongan.







Mimin cuma mau bilang, kalo apa yang tampil dan terlihat itu g ada apa-apanya dibandingkan dengan wujud aselinya. dan karena kamera g bisa menangkap semuanya, mimin hanya bisa berbagi sekedarnya. semoga bermanfaat dan semoga ngiler. #eh.


jangan lupa dibaca juga postingan Trip to Stone Garden, Gua Pawon & Curug Cimahi part 2 & 3 ya.

see you, guys....






Comments

Popular posts from this blog

Mie Ongklok Ter-enak Se Wonosobo

Dwi's Story : Carelessness & Focus

Lebaran Di Tengah Pandemi